Bank Lampung Peduli Pendidikan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, khususnya di  Lampung, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Lampung, memberikan bantuan berupa dua unit server dashboard BOS dan satu unit hardware computer, kepada Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Kamis (16/3).

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Bank Lampung, Purwantari Budiman, yang kemudian diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar.

“Bantuan ini, diberikan untuk mempermudah Dinas Pendidikan dalam membuat pelaporan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang diberikan kepada sekolah penerima bantuan tersebut” Ujar Direktur Utama Bank Lampung, Purwantari Budiman, saat ditemui, Kamis (16/3).

Direktur Utama Bank Lampung, Purwantari Budiman (berhijab) didampingi Direktur Bisnis Bank Lampung, Sahroni, menyerahkan Bantuan Berupa dua unit server dashboard dan satu unit hardware komputer, kepada Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, yang diterima langsung Oleh Kadis Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar, Kamis (16/3).

Adanya program digital dashboard di Instansi Pendidikan ini, maka sekolah penerima dana BOS, akan melaporkan aktifitasnya, terkait penggunaan dana bantuan pemerintah tersebut, melalui server, website dan database ke Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.

Dengan kata lain, laporan sekolah akan dikirim dan diinput secara digital, melalui jaringan internet, kemudian hasilnya secara otomatis bisa langsung masuk ke website database dinas. Bantuan yang disalurkan Bank Lampung ini, bukan merupakan program dari dana CSR (Corporate Social Responsibility),tetapi ini murni wujud rasa peduli Bank Pembangunan Daerah Lampung, untuk membantu pemerintah, khususnya didunia pendidikan, agar penyaluran dana BOS dapat mudah dimonitor.

Pada tahun ini, Bank Lampung juga akan membantu para orang tua siswa, dalam bentuk memberikan kredit lunak untuk pembelian laptop, sebagai fasilitas penunjang pendidikan putra-putrinya. Cicilan murah dan bunga yang sangat rendah ini, diharapkan dapat meringankan orang tua murid dan membantu pelajar memiliki alat teknologi modern, dala rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Di era digital sekarang ini, sebagian besar sekolah sudah menggunakan proyektor sebagai media pembelajaran. Untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan, tentunya harus dibantu dengan sarana dan prasarana yang mumpuni. Hal ini dilakukan sebagai komitmen bank Lampung untuk mencetak generasi penerus yang nantinya bisa ikut menggerakkan bank Lampung agar lebih maju. “Para siswa sekolah adalah aset Lampung yang sangat berharga” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi  Lampung, Sulpakar, saat acara penyerahan bantuan mengatakan, pelaporan dana BOS seringkali mengalami kesulitan, oleh sebab itu dengan dibantu sektor kendali pelaksanaan BOS melalui serves dashboard yang diberikan Bank Lampung ini, bisa memudahkan Disdik Lampung melakukan pendataan penyaluran dana BOS. “Dengan dibantu server ini, Kami harap tidak hanya di BOS saja yang dipermudah pelaporannya, tetapi juga bisa digunakan untuk memonitor gaji, tunjangan sertifikasi dan yang lainnya,”ujarnya.

Perlu diketahui, dashboard adalah Software Microsoft Excel, yang sangat membantu untuk cepat memahami data dengan menyajikannya menjadi suatu informasi yang berharga, melalui tabel dan grafik. Informasi tersebut cukup interaktif dan memberikan wawasan yang komprehensif ke dalam indikator kinerja yang disajikan, serta lebih memudahkan untuk mengubah atau filter untuk preferensi laporan maupun yang membuat laporan.

Leave a Reply