Selamat datang di website resmi Bank Lampung

Selasa, 15 Oktober 2019

Bank Lampung Raih Penghargaan BEST GCG Kategori BUMD

Beranda / Berita / Bank Lampung Raih Penghargaan BEST GCG Kategori BUMD

Bank Lampung Raih Penghargaan BEST GCG Kategori BUMD

Senin, 07 Oktober 2019

Sebanyak 12 pemerintah daerah beserta instansi swasta menerima anugerah Kompas Gramedia (KG) Lampung Award, bertempat di Hotel Emersia, Kamis (3/10) malam. Penghargaan bergengsi ini diberikan atas inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh Gubernur, Walikota, Bupati, serta pimpinan Bank Lampung. Pemprov Lampung dibawah kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi mendapatkan anugerah kategori Pertanian atas program inovasi Kartu Tani Berjaya.

Program ini dinilai sangat inovatif karena belum pernah ada sebelumnya dan sangat menyentuh kepentingan petani di Lampung. Selain itu, Pemprov Lampung juga mendapatkan anugerah untuk kategori Kesehatan. Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengatakan, program Petani Berjaya menjadi solusi bagi petani guna meningkatkan kesejahteraannya. Ia mengatakan, sejak tahun 60-an, petani selalu terkendala soal pupuk. Dan melalui kartu tersebut, persoalan terselesaikan.

Ia pun mengaku mengapresiasi kegiatan Kompas Gramedia Lampung Award ini. Menurutnya, media dapat menjadi mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi terkait pembangunan. "Seperti saat ini, kita tahu bahwa beberapa bupati memiliki prestasi dan inovasi. Namun rakyat belum tahu. Namun dengan informasi yang diberikan media, maka masyarakat bisa tahu," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Arinal juga mengatakan, bahwa Lampung akan memiliki destinasi pariwisata seperti Nusa Dua Bali. Wisata ini akan dibangun Pemprov Lampung bersama ASDP dan BUMN Pariwisata. "Jadi nanti warga Jakarta bisa melihat matahari terbenam, anak gunung Krakatau, pulau Kilauan yang penuh dengan Lumba-lumba. Kita juga memiliki tempat wisata layaknya Maladewa," bebernya. Arinal bahkan mengungkapkan bahwa kedepannya, sampah yang mengotori laut Lampung akan menjadi sumber energi. "Mudah-mudahan Oktober ini pertama kali di Indonesia, sampah akan diolah menjadi sumber energi. Menghasilkan energi listri 25 MW," tandasnya.

Sementara Direktur Utama Tribun Grup Herman Darmo menyatakan bahwa Provinsi Lampung telah berkembang sangat pesat. Ini terlihat dari pembangunan fisik yang ada. "Kita percaya bahwa kualitas manusia di sini ikut terbangun. Karena itu, kita memberikan apresiasi yang tinggi atas inovasi-inovasi yang telah terlahir baik dari pemerintah daerah maupun pihak swasta," ujarnya.Ia meneruskan, event ini digelar setelah Sumatera Selatan dan akan bergulir ke Aceh, berlanjut ke Kalimantan dan Jawa. "Kita beruntung, Lampung menjadi yang pertama kali setelah Palembang. Mudah-mudahan cerita sukses ini bisa berjalan juga di provinsi-provinsi lain," paparnya.

Selain Pemprov Lampung, Pemkot Bandar Lampung dibawah kepemimpinan Wali Kota Herman HN mendapatkan penghargaan untuk tiga kategori. Yakni, kategori Kesehatan dalam program Ambulans Gratis untuk Masyarakat, kategori Infrastruktur dalam program Percepatan Infrastruktur untuk Masyarakat, dan Pendidikan dalam program Pendidikan Biling untuk Masyarakat.

Untuk kategori kesehatan juga diraih Kabupaten Pringsewu, Lampung Selatan dan Lampung Barat. Sementara kabupaten Tulangbawang Barat dan Lampung Barat mendapatkan anugerah untuk kategori pendidikan.Pemkab Tulangbawang Barat meraih dua kategori yakni Sosial Kemasyarakatan dalam program Mantra Tubaba dan Kategori Pelayanan Publik dalam program Mal Pelayanan Publik. Penghargaan diterima langsung Bupati Tulangbawang Hj. Winarti. Kemudian Kategori Sosial Kemasyarakatan diserahkan kepada dua kabupaten lainnya yaitu Tulangbawang Barat dan Lampung Utara. Lalu, Kategori Pelayanan Publik, diserahkan kepada Kabupaten Pringsewu dan Lampung Selatan dan Kategori Pariwisata, kepada Pesisir Barat dan Pesawaran.  Kemudian Kategori Pemberdayaan Anak, diserahkan kepada Kabupaten Lampung Timur, Kategori Pemberdayaan Desa, diberikan kepada Kabupaten Pesawaran dan Kategori Industri Kreatif, kepada Kabupaten Lampung Barat.

Penyerahan Penghargaan juga diberikan kepada Bank Lampung sebagai The Best Good Corporate Governance (GCG) Kategori BUMD, penghargaan ini untuk Bank Lampung adalah penghargaan yang ke sembilan selama Tahun 2019, dalam wawancaranya Nurdin selaku Direktur Bisnis Bank Lampung menjelaskan kategori sebagai The Best GCG merupakan penghargaan atas implementasi revolusi mental Bank Lampung, dimana transformasi organisasi yang dimaknai tidak hanya sebatas pada keuntungan perusahaan, namun juga dampak positif kepada masyarakat.

Share this post on :