MPN-G2

Modul Penerimaan Negara Generasi II (MPN-G2) Merupakan Penyempurnaan dari  Pembayaran pajak yang sudah berjalan saat ini, dengan MPN-G2 diharapkan dapat lebih memudahkan Masyarakat dalam melakukan Pembayaran Pajak sebagai Warga Negara yang baik dan taat dalam membayar Pajak. dan MPN-G2 tersebut berdasarkan dengan Peraturan menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.05/2015 tangal 10 Februari 2014 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik.

MPN-G2 menerapkan Sistem Elektronik Billing (E-Billing) sehingga memudahkan Masyarakat dalam melakukan Pembayaran Pajak setiap waktu dan dapat dilakukan  pembayaran di Seluruh Kantor Operasional PT. Bank Lampung baik secara Tunai ataupun Non Tunai.

MPN G2 dibangun dengan memanfaatkan teknologi informasi, maka persyaratan yang harus dimiliki oleh pengguna layanan adalah akses internet dan akun email. Sebelum melakukan Pembayaran MPN-G2, anda harus terlebih dahulu melakukan registrasi ke melalui Situs yang telah disediakan oleh Kementerian Keuangan  dan mendaftarkan Nomor Wajib Pajak (NPWP)  melalui situs http://sse.pajak.go.id (untuk SSP) dan www.simponi.kemenkeu.go.id (untuk SSBP) untuk mendapatkan User ID dan Pin Urutan langkah yang harus dilakukan pengguna layanan MPN G-2, yaitu:

1.   Registrasi, dilakukan sekali seumur hidup;
2.   Pembuatan Billing, dilakukan setiap akan melakukan pembayaran pajak atau PNBP dan;
3.  Pembayaran, dilakukan setelah mendapat kode billing.  Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller, ATM atau Internet Banking.   Khusus untuk penyetoran pajak, pengguna layanan harus terlebih dahulu memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Download Panduan Membuat Billing MPN Gen 2